Article Title - SwagPhilly

SwagPhilly

10 Cara Membaca Bacaan dalam Bahasa Inggris dengan Cepat dan Tepat

Membaca sekaligus memahami teks bacaan berbahasa Inggris bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang. Terkadang, membaca bacaan dalam bahasa Indonesia dengan cepat saja ada yang masih kesulitan. Dimana artikulasi dan pelafalannya menjadi kurang jelas. Oleh karena itu, yuk ketahui cara membaca bacaan dalam bahasa Inggris dengan cepat dan tepat berikut.

Tips Membaca Bacaan dalam Bahasa Inggris

  1. Pelajari Pengucapan Alphabet
Alphabet adalah dasar dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Akan tetapi, pengucapan huruf alphabet dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan dengan bahasa Indonesia. Sebagai contoh pelafalan huruf ‘a’ dalam bahasa Inggris menjadi ‘ei’, sementara ‘b’ pelafalannya menjadi ‘bi’. Itulah kenapa anda perlu mempelajari pengucapan alphabet terlebih dahulu sebagai dasarnya, agar dapat membaca teks berbahasa Inggris dengan cepat sekaligus tepat. Ketahui dan pelajari pengucapan alphabet dari huruf A sampai Z supaya cara membaca yang dilakukan benar.
  1. Ketahui Bunyi Suatu Kata
Setelah menguasai pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris, sekarang waktunya anda mengetahui bunyi atau suara suatu kata dalam bahasa Inggris. Ini disebut dengan pronounciation, yaitu cara melafalkan atau mengucapkan suatu vocabulary dalam bahasa Inggris dengan tepat. Pronunciation berkaitan langsung dengan speaking, jadi sangat dibutuhkan saat anda membaca suatu teks dengan bersuara. Apalagi kata kata dalam bahasa Inggris juga mempunyai intonasi serta penekanan tersendiri. Contohnya saat mengucapkan kata ‘Present’, artinya bisa berarti ‘pada saat ini’ atau ‘hadiah’ apabila anda memberi tekanan di awal yaitu ‘PREsent’. Namun arti dari kata tersebut bisa berbeda apabila anda memberikan tekanan di akhir menjadi ‘preSENT’, yang mana itu berarti ‘mempersembahkan’. Jadi harus dilihat kembali konteks dalam teks yang sedang dibaca. Anda harus membacanya dengan penekanan dan intonasi yang tepat untuk memperjelas makna dari teks tersebut.
  1. Perhatikan Posisi Lidah
Non-native speakers biasanya mendapatkan kesulitan saat harus mengucapkan kata yang memiliki huruf ‘L’, ‘R’, dan ‘TH’. Saat membaca kalimat dengan kata yang memiliki huruf huruf tersebut, banyak orang keliru hingga membuat artinya berbeda. Untuk itu, anda perlu memperhatikan posisi lidah. Untuk pengucapan L, posisi lidah menyentuh bagian belakang gigi dan juga langit langit gusi. Cobalah berlatih mengucapkan kata ‘light’ beberapa kali agar terbiasa dengan pengucapan huruf L. Dan untuk pengucapan huruf R akan terdengar seperti ‘ar’, jadi posisi lidah berada pada tengah mulut dan tidak menyentuh bagian atas. Anda bisa berlatih mengucapkan kata ‘right’ beberapa kali supaya terbiasa dengan huruf R dalam kata bahasa Inggris. Sedangkan pengucapan TH perlu memposisikan lidah keluar sedikit, terdorong di antara gigi bagian atas gigi bagian bawah. Anda dapat berlatih dengan kata ‘think’ beberapa kali untuk huruf TH tersebut.
  1. Persiapkan Kosakata
Perbendaharaan kosakata yang dimiliki pada dasarnya dapat mempengaruhi cara membaca bacaan dalam bahasa Inggris dengan cepat. Karena kita pasti akan lebih cepat membaca kata yang sudah familiar di otak, daripada kata yang baru pertama kali didengar. Jadi semakin banyak kosakata yang anda kuasai, maka akan semakin mahir pula dalam membaca dan mengucapkan teks berbahasa Inggris. Dimana ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk memperkaya perbendaharaan kata ini. Misalnya dengan membuat buku catatan kosakata dalam Bahasa Inggris. Anda bisa menuliskan setiap kata bahasa Inggris yang sudah dipelajari pada catatan tersebut. Jika ingin dengan cara yang lebih seru, anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk bermain papan permainan Scrabble. Dimana setiap pemain dituntut untuk membentuk kata baru dari huruf huruf yang disediakan, kemudian disambung dengan kata sebelumnya. Permainan ini adalah salah satu cara efektif yang menyenangkan untuk memperbanyak perbendaharaan kata anda.
  1. Mulai Baca Saja
Mempersiapkan diri bukan berarti anda harus menunda untuk mulai membaca. Dalam pembelajarannya, terkadang seseorang terlalu fokus terhadap faedah faedah bahasa Inggris. Dan hal tersebut seringkali jadi memberatkannya untuk mulai membaca bacaan atau teks berbahasa Inggris. Padahal membaca itu pada hakekatnya dari kebiasaan. Apabila tidak terbiasa, pasti akan terasa berat untuk melakukannya. Jangankan teks bacaan berbahasa Inggris, teks bacaan dengan bahasa Indonesia saja terkadang dianggap berat oleh sebagian orang. Maka dari itu, anda tidak perlu terlalu khawatir dengan faedah faedah yang ada dan mulai baca saja. Membuat satu atau dua kesalahan saat membaca teks bacaan berbahasa Inggris merupakan hal yang lumrah karena kita bukan penutur asli. Apalagi selama proses belajar, membuat kesalahan memang hal yang wajar. Jadi tidak apa untuk membaca saja dulu tanpa harus mengikuti aturan baku yang ada. Tujuannya adalah untuk membiasakan diri agar tidak malas membaca.
  1. Pilih Bacaan Sesuai Minat
Untuk meningkatkan keinginan membaca buku bacaan atau teks bahasa Inggris, anda bisa mulai dari bacaan yang sesuai dengan minat. Karena memaksakan diri untuk melakukan hal yang tidak disukai pasti akan terasa berat. Tanpa disadari, otak akan menolak untuk menerima informasi yang ada dalam bacaan apabila dipaksakan. Jadi untuk pemula sebaiknya memang memilih buku bacaan atau teks berbahasa Inggris yang sesuai minat. Dengan begitu maka anda pun akan lebih bersemangat dalam menyelesaikan bacaan tersebut. Dari sini, anda bisa mendapat lebih banyak kosakata baru hingga pronunciation. Apabila sudah terbiasa, tentu membaca teks lainnya pun nanti akan terasa jauh lebih mudah. Intinya tetap membiasakan diri, jadi akan lebih baik apabila anda membuat jadwal rutin untuk melatih kemampuan membaca teks bahasa Inggris. Misalnya anda bisa meluangkan waktu setidaknya 10 atau 20 menit dalam sehari untuk membaca. Semakin sering anda membaca teks bahasa Inggris, maka akan semakin mudah pula otak untuk mencerna informasi pada setiap bacaan.
  1. Baca Secara Perlahan
Melatih kemampuan membaca teks berbahasa Inggris membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi bacalah secara perlahan dan tidak terburu buru dalam proses belajar. Ini juga bukan berarti anda harus mengartikan setiap kata yang ada. Namun baca dengan memahami setiap kalimat yang ada pada teks tersebut. Setidaknya anda perlu mengetahui konteks dari setiap kalimat yang ada. Di sini, memahami konteks kalimat akan terasa lebih mudah apabila anda membaca secara perlahan. Tapi anda boleh mencatat beberapa kata apabila menemukan kata yang tidak dipahami. Catat dan cari tahu artinya agar anda bisa lebih memahami konteks kalimat dalam bacaan.
  1. Temukan Waktu Membaca Terbaik
Cara membaca bacaan dalam bahasa Inggris dengan cepat yaitu temukan waktu membaca terbaik untuk diri sendiri. Seorang penulis saja membutuhkan waktu terbaik untuk menyelesaikan novel yang ditulisnya. Maka orang yang membaca juga demikian, dibutuhkan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan membaca tersebut supaya apa yang dibaca bisa lebih mudah dipahami. Kenapa waktu membaca dapat mempengaruhi tingkat kecepatan seseorang dalam memahami bacaan ? Itu karena kondisi otak kita yang berbeda pada waktu tertentu. Contohnya saat otak sudah lelah bekerja seharian dan mata terkantuk kantuk, kemudian anda memaksakan diri untuk membaca buku yang tebal di malam hari. Bayangkan jika buku bacaannya menggunakan teks berbahasa Inggris, bisa dijamin tidak ada satu pun kalimat yang akan membuat anda fokus membaca. Sehingga disarankan bagi pemula untuk menemukan waktu membaca terbaiknya. Jadi anda bisa lebih memahami apa yang sedang dibaca dengan cepat sekaligus akurat.
  1. Pecah Kalimat dalam Beberapa Bagian
Tidak jarang anda akan dipertemukan dengan kalimat yang tampak sangat rumit dalam suatu bacaan, khususnya pada tes TOEFL, IELTS, atau UTBK. Apabila diperhatikan kembali, sebenarnya kalimat kalimat tersebut tidak terlalu sulit. Namun karena kalimatnya sangat panjang sehingga menjadi sulit untuk dipahami. Bahkan banyak yang menyerah untuk memahaminya sebelum selesai membaca dan memilih menjawab secara acak. Oleh sebab itu, disarankan untuk memecah kalimat dalam beberapa bagian sebelum mulai membaca keseluruhan dari isi teks. Anda bisa memecah kalimat kemudian memparafrasekannya supaya lebih mudah dipahami. Penggalan teks yang terlihat sangat rumit dan panjang bisa menjadi lebih sederhana dengan cara tersebut. Sehingga pesan yang terkandung dalam sebuah teks bacaan pun akan anda dapatkan meskipun tanpa membaca secara keseluruhan isinya. Apabila terbiasa melakukan ini, anda bisa meningkatkan kemampuan membaca sekaligus kemampuan menganalisis suatu kalimat dalam bahasa Inggris.
  1. Pikirkan Informasi yang Ingin Diketahui
Tidak hanya memecah kalimat dalam beberapa bagian, anda juga perlu memikirkan informasi yang ingin diketahui. Ini sangat penting saat anda dipertemukan dengan teks panjang berbahasa Inggris. Untuk menghindari membaca semua teks tersebut, maka anda harus pikirkan informasi apa yang ingin dicari dari teks tersebut. Buat daftar pertanyaan yang ingin anda temukan jawabannya dalam sebuah bacaan. Kemudian gunakan cara seperti sebelumnya, maka anda pun akan memperoleh informasi yang diinginkan. Misalnya seorang penulis menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan film Marvel, namun anda hanya ingin mencari tahu bagaimana film Spiderman yang digarap oleh Marvel.

Teknik Skimming dan Scanning

Di Inggrism, anda dapat mempelajari teknik skimming dan scanning sebagai cara membaca bacaan dalam bahasa Inggris dengan cepat dan tepat. Keduanya menjadi teknik yang sangat berguna untuk studi maupun pekerjaan, yang menuntut membaca banyak teks dalam waktu singkat. Dengan menerapkan berbagai cara di atas, lama kelamaan anda bisa secara mudah menerapkan teknik skimming dan scanning saat membaca teks bacaan berbahasa Inggris. Skimming yaitu teknik membaca cepat yang bertujuan memperoleh gambaran umum isi bahan bacaan. Anda bisa mendapatkan informasi umum dari setiap paragraf dengan menerapkan teknik ini. Teknik skimming tersebut sangat cocok dipakai saat melakukan preview dan review. Sementara scanning adalah teknik membaca cepat dengan tujuan mendapatkan informasi yang spesifik. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk mempelajari topik dengan banyak fakta, menemukan fakta tertentu, serta menjawab soal yang membutuhkan dukungan fakta. Yang mana fakta tersebut bisa tersembunyi pada teks yang panjang, sehingga anda perlu melakukan skimming terlebih dahulu untuk menentukan apakah teks terkait memang mengandung fakta yang dicari atau tidak. Setelah itu anda bisa melakukan langkah langkah scanning untuk menemukan fakta yang dicari secara spesifik. Membaca mungkin tampak seperti aktivitas yang sederhana. Namun ternyata tidak semua orang dapat memahami dengan cepat isi dari teks yang mereka baca, apalagi jika bahan bacaannya menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, dibutuhkan latihan cara membaca bacaan dalam bahasa Inggris supaya cepat dan tepat seperti telah dijelaskan di atas. Yuk mulai berlatih sekarang.